Cara Mengasah Pisau

0
367
Call Of Duty Jatisari
Call Of Duty Jatisari

 

Pisau adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk memotong berbagai macam barang, umumnya pisau digunakan untuk memotong berbagai macam bahan makanan. Setelah pisau berkali-kali digunakan biasanya akan mengalami ketumpulan, untuk menajamkannya kembali kita harus mengasahnya. adapun peralatan yang akan digunakan untuk mengasah pisau adalah asahan atau orang jatisari menyebutnya gerinda dan air.

Jenis gerinda yang digunakan memiliki dua permukaan yang berbeda yaitu halus dan kasar. Gerinda banyak terdapat di toko besi dengan harga yang relatif murah yaitu 20-30 Ribu Rupiah. Berikut adalah langkah-langkah dalam mengasah pisau:

1. Basahi pisau dengan menggunakan air, ini bertujuan untuk mempermudah proses penajaman karena dengan adanya air maka kotoran dari proses penajaman mudah menjauh dari pisau.

2. Gunakan bagian gerinda yang kasar untuk mengawali proses penajaman, gerakkan gerinda maju mundur pada bagian tajam pisau sisi depan dan agak di tekan ke bagian bawah pisau. sesekali basahi pisau dengan air.

3. cek ketajaman pisau, jika dirasa sudah mulai tajam, sekarang pindah ke sisi belakang pisau, ulangi proses yang sama seperti sisi depan.

4. jika kedua sisi sudah tajam, ulangi gerakan maju mundur di sisi depan pisau tapi kali ini gunakan sisi gerinda yang halus. proses penajaman dengan sisi gerinda halus digunakan agar pisau semaikin tajam. aliri dengan air agar kotoran dari gerinda dan pisau bisa bersih. lakukan gerakan ini di sisi belakang pisau.

5. Cek Ketajaman pisau dengan menyentuh bagian tajam pisau dengan telapak jempol tangan. rasakan sensasi perbedaan ketajaman pisau sebeblumda n sesudah diasah. hati-hati, gerakan jempol anda melintang horizontal, karena jika vertikal maka jempol anda akan terluka.

6. Untuk lebih Jelasnya silahkan putar video di atas. selamat mencoba, ingat Pisau bisa digunakan untuk memotong apapun. Bacalah basmallah sebelum menggunakannya agar di berkahi Allah. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

*