Belajar Astronomi

0
6164

Delapan tahun yang lalu saya tergila-gila dengan Astronomi sampai-sampai saya rela mengundur waktu wisuda karena disibukkan untuk membuat sebuah wadah penggemar Astronomi yang bernama Elektro Astro Club (EAC) di kampus tercinta Teknik ELelktro Universitas Lampung dengan Motto “Belajar Dari Bintang”.

Kegilaan saya ini berawal dari sebuah berita di televisi yang menyebutkan bahwa terjadi perbedaan penentuan awal puasa antara pemerintah Republik Indonesia dan salah satu Ormas Islam. setelah memperhatikan dengan seksama, ternyata perbedaan tersebut terjadi karena masing-masing pihak didasari oleh Teknik yang berbeda dalam “melihat” Hilal. Dimana Pemerintah menggunakan teknik Rukyat (melihat) sementara Ormas Islam yang tadi menggunakan tekni Hisab. Perbedaan ini juga terjadi karena masing-masing memiliki dasar dalil yang menurut mereka benar.

Untuk memperdalam pengetahuan tentang teknik penentuan Hilal, saya googling dari berbagai sumber dan terciptalah materi-materi dasar tentang Ilmu Astronomi. Materi-materi ini berbentuk file Power point dan dahulu kala digunakan untuk mengisi perkuliahan sederhana bagi para anggota EAC. Melalui kesempatan ini saya hendak berbagi file lama ini supaya tetap bisa bermanfaat bagi netizen yang hendak mempelajari dasar-dasar Astronimi.

Berikut adalah:

1. Kuliah Perdana

Berisi tentang pengertian EAC, membahas tentang perbedaan dasar Astronomi dan Astrologi.

2. Kuliah Kedua

Berisi tentang benda-benda langit, dan komponen penyusun alam semesta, Bumi, bulan, planet, matahari, 88 Rasi Bintang, dan b=objek langit lainnya.

3. Kuliah Ketiga

Berisi tentang pembahasan Posisi Benda langit biasa disebut sebagai koordinat benda langit yang terdiri dari Altitude (Ketinggian), Azzimut (Arah Mata Angin), Latitude (Lintang Utara-Selatan), Longitude (Bujur barat-Timur). dengan mengetahui posisi benda langit maka kita bisa tahu arah mata Angin, Arah Kiblat, Waktu Sholat, dan manfaat-manfaat lain dari posisi benda langit lainnya.

4. Kuliah Keempat

Berisi tentang Bedah Software Stellarium, ini adalah software gratis yang berfungsi sebagai simulasi pergerakan benda-benda langit, dengan software ini kita bisa mensimulasikan proses matahari terbit dan tenggelam, proses bulan purnama, Gerhana bulan, gerhana matahari dan kejadian-kejadian langit lainnya.

5. Kuliah Kelima

Berisi tentang dasar-dasar teknik Hisab dan Rukiyat Hilal. setelah mempelajari kuliah kelima diharapkan para anggota EAC dapat memprediksi sendiri kapan puasa dan LEbaran untuk setiap tahunnya.

6. Kuliah keenam

Berisi tentang dasar-dasar pengertian tentang GPS (Global Positioning System) serta cara membacanya dan manfaat-manfaatnya.

Demikian tadi gambaran-gambaran singkat mengenai materi kuliah pada Kelas EAC, semoga bermanfaat. File Power point dapat di download di sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

*