Penipuan Oknum Yang Mengaku PLN

0
724
Penipuan oleh oknum PLN
Penipuan oleh oknum PLN

Hati-hati jika ada orang yang datang ke rumah anda mengaku sebagai petugas PLN dan memasang stiker seperti di atas. Karena di sekitaran Jatimulyo Lampung Selatan telah terjadi penipuan sekaligus pencurian uang yang dilakukan oleh orang yang memasang stiker ini. System kerja mereka adalah sebagai berikut.
1. Pelaku biasanya terdiri dari 2 orang atau lebih, mereka mendatangi rumah yang berpenghuni sedikit, dan lokasinya sepi biasanya di perkampungan.
2. Pelaku datang mengaku sebagai petugas PLN, untuk meyakinkan korban, biasanya mereka menanyakan besarnya tagihan listrik bulanan si Korban. Saat korban menyebutkan besarnya tagihan listrik, pelaku mengatakan: “itu Kemahalan, mungkin petugas meteran salah catat, nanti saya tegur mereka”
3. Menurut pelaku, petugas pencatat meteran listrik PLN melakukan kesalahan sehingga perlu dipasang stiker di atas agar petugas Pencatat meteran berhati-hati. Dalam kasus ini Pelaku meyakinkan korban bahwa pelaku berpihak ke Korban, sehingga korban merasa terbela.
4. Kemudian pelaku mengecek meteran listrik dan masuk ke rumah untuk menyalakan semua lampu termasuk yang ada di dalam kamar.
5. Jika isi rumah lebih dari 2 orang, maka pelaku berusaha untuk membuat beberapa orang penghuni rumah pergi dari rumah dengan alasan yang kurang jelas seperti meminta bantuan untuk membelikan rokok atau lainnya, sehingga rumah hanya ada 1 penghuni.
6. setelah penghuni rumah hanya satu biasanya pelaku menyelidiki posisi barang-barang berharga disekitar rumah, dalam kasus di Jatimulyo pelaku minta tolong menukar uang ratusan ribunya menjadi puluhan ribu kepada si korban. Sehingga pelaku mengetahui lokasi penyimpanan uang.
7. lalu korban yang tinggal 1 orang dibuat sibuk oleh seorang pelaku dengan berpura-pura mengajak korban untuk mengecek lampu, meteran, termis (MCB), atau lainnya, sehingga pelaku satunya lagi bisa leluasa mengambil barang berharga milik korban.
8. setelah pelaku berhasil mengambil barang berharga, maka mereka cepat-cepat berpamitan pulang.

Tindak Pencegahan
1. Selalu berhati-hatilah jika ada orang tidak dikenal bertamu ke rumah anda.
2. jika memungkinkan, jangan izinkan tamu itu masuk ke rumah, temuilah tamu tersebut di teras rumah.
3. Jangan langsung percaya dengan Status Identitas yang mereka katakan, misalkan pelaku mengaku orang PLN, jika anda berani tanyakan surat tugasnya. Perhatikan juga atribut yang dia gunakan, apakah ada logo PLN atau tidak di bajunya atau pada kendaraan yang dia bawa, jika tidak ada maka bisa dipastikan yang bertamu ke rumah anda adalah seorang PENIPU.
4. Jika anda sendirian di rumah, maka jangan izinkan dia masuk, katakan kepada mereka bahwa anda akan pergi ke luar rumah, jika dia memaksa masuk maka anda harus memanggil tetangga anda terlebih dahulu.
5. jika dia meminta uang, Jangan sekali-kali mengeluarkan uang yang dia minta. Segeralah hubungi sanak saudara dan tetangga, bila perlu panggil ketua RT terlebih dahulu.
6. jika dalam kondisi darurat dan harus diambil tindakan sementara tetangga anda tidak dapat membantu anda, segera teleponlah saudara anda terdekat yang lebih berpengalaman, Ceritakan kepada saudara anda tersebut dan mintalah supaya saudara anda ini segera datang ke rumah.
7. Ada baiknya jika ada orang yang tidak anda kenal datang ke rumah, tidak perlu anda bukakan pintu. Diamlah di dalam rumah sambil memantau gerak gerik tamu anda.
8. Sebarkan Informasi ini kepada sanak saudara anda, teman-teman anda agar mereka terhindar dari aksi penipuan ini.
9. semoga bermanfaat
10. terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

*