Manusia itu memiliki kemampuan yang terbatas, pikiran yang terbatas, oleh karena itu Allah menurunkan syariat-Nya untuk dijadikan sebagai tuntunan hidup agar manusia selamat dunia dan akhirat.

Salah satu syariat Allah adalah perintah Sholat, Sholat jika dilakukan sesuai Syariat Insyaallah akan memberikan manfaat yang besar bagi manusia. Bagi muslimin, mengerjakan Sholat Fardhu tepat waktu berjamaah di Masjid adalah termasuk amalan utama.

Sholat yang waktu-waktunya sudah ditentukan Allah tentu penetapan waktu tersebut adalah sebaik-baik penetapan waktu untuk hambanya, dengan kita menjalankan sesuai waktunya insyaallah akan memberi manfaat yang besar bagi kita.

Waktu sholat dhuhur adalah waktu dimana matahari ada di atas kita, ini adalah waktu paling panas dalam sehari, waktunya tubuh untuk istirahat, jika dilanjutkan maka tubuh dan pikiran akan jauh lebih berat dalam menjalankan pekerjaan dan akan menimbulkan celaka.

Begitu juga waktu Magrib, bagi orang Jawapun waktu Magrib adalah waktu “surub”, tak boleh ada aktifitas selain duduk di dalam rumah atau sholat, karena rentan celaka, ada yang bilang karena perpindahan dari terang ke gelap.

Selain itu waktu Ashar, waktu Isya, Waktu Shubuh juga memiliki rahasia tersendiri, jika kita tepat waktu Insyaallah akan membawa manfaat, dan menjauhkan bala.

Coba perhatikan keseharian kita, saat kita terkena bala, sakit, celaka, musibah, dan keburukan coba kita trek mundur, apakah sebelum kita kena musibah itu kita mengulur-ulur waktu sholat? Jika iya, berarti saatnya berbenah untuk memperbaiki sholat kita, agar sholat kita bisa lebih membawa manfaat untuk kita.

Penulis pribadi sering mengalami itu, saat waktu sholat diulur maka akan ada keburukan-keburukan yang hadir di diri kita. Bukankah jika kita melakukan kebaikan maka keburukan akan pergi, dan jika kita melakukan keburukan maka kebaikan dalam diri kita akan pergi?
Camkan itu ferguzo….

Wallahu’alam….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here