8 Cara Supaya Ibu Lancar Memberikan ASI Untuk Bayi

0
6844

 

 

 

ambar Ardiningrum Apsarini

 

ASI (air Susu Ibu) adalah sumber bahan makanan utama yang paling baik untuk bayi, berbagai macam nutrisi penting terkandung di dalamnya. selaku orang kampung saya kurang paham mengenai kandungan ASI, yang saya tahu ASI sangat dibutuhkan oleh ibu dan bayi, dan kata mamake ASI adalah makanan paling sehat untuk bayi.

saya banyak mendapat informasi bahwa manfaat besar bagi ibu yang menyusui anaknya adalah kelak ibu dan bayi tersebut memiliki resiko yang sangat kecil terkena kangker payudara dibanding ibu yang tidak menyusui atau anak yang tidak disusui, Keterangan ini disepakati oleh seluruh dokter di dunia. Itu hanya salah satu manfaat ASI, masih banyak manfaat lainnya seperti mempererat ikatan batin antara ibu dan bayi, bayi semakin kebal terhadap penyakit, dan masih banyak lagi. Anda bisa googling untuk mendapatkan puluhan pernyataan tentang manfaat ASI.

manfaat yang sudah terbukti lainnya adalah bunda dapat menyalurkan vitamin yang dia makan untuk diberikan kepada bayinya. misal si bayi susah BAB maka bunda dianjurkan perbanyak makan makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan lalu susuilah bayi InsyaAllah bayi akan lancar BABnya. Ini bukan teori tapi saya telah mempraktekkannya sendiri. Kata orang tua zaman dulu, jika ibu menyusui, maka apa yang ibu makan si bayi akan memakannya juga melalui ASI. jadi bagi ibu menyusui harus hati-hati saat makan, makanlah yang bergizi, perbanyak sayur dan buah-buahan, lauk pauk yang mengandung protein juga harus jadi asupan setiap harinya, jangan makan terlalu pedas, dingin, atau terlalu masam.

Menyusui adalah sebuah kewajiban sang ibu dan itu hak sang bayi, jadi dengan menyusui terciptalah keseimbangan antara hak dan kewajiban sehingga akan menimbulkan keamanan dan kesejahteraan antara keduanya. Menyusui juga tergolong ibadah, lakukan dengan niat lurus insyaAlloh pahala akan kita dapatkan.

Semua ibu didunia yang melahirkan anak ditakdirkan untuk menyusui, si ibu secara otomatis akan memproduksi susu, dan si bayi juga secara tanpa disuruh selalu berusaha mencari sumber ASI, ini sudah menjadi insting bawaan dari dalam kandungan dan insting ini secara global dikaruniakan Allah SWT kepada semua bayi di dunia.

terkadang angan-angan seorang ibu yang berniat ASI Eksklusif itu tak seindah realita. Ada beberapa ibu yang mengalami kesulitan saat menyusui bayinya, ada yang tidak bisa mengeluarkan ASI, ada yang bayinya tidak mau menyusu, Itulah problema menyusui. Sebagai ibu yang tangguh kita tidak boleh menyerah dengan keadaan, kita harus "fight" , kita harus berjuang untuk buah hati kita, siapa lagi yang akan memberikan yang terbaik untuk bayi kita, kalo bukan kita? Siapa yang akan peduli dengan bayi kita kalo bukan orang tuanya. Bayi taunya hanya menangis, gelisah, dan tidur. Dia belum bisa mengatakan apa yang dia inginkan. Oleh sebab itu sebagai orang tua kita dituntut untuk pintar, dituntut untuk pro aktif dalam mencari informasi di dunia nyata maupun maya.

Di internet banyak sekali akun-akun yang pro ASI seperti twitter @ID_AyahASI dan group facebook AIMI (Asosiasi Ibu menyusui Indonesia) mereka akan menjawab semua pertanyaan dan keluh kesah anda mengenai menyusui, disana banyak sekali pejuang ASI, banyak orang yang berhasil menyusi, banyak yang akan mendukung perjuangan anda, semua yang ada di sana siap menemani perjuangan ASI anda.  Atau bagi anda yang kurang puas dengan dunia maya, anda bisa menghubungi klinik laktasi atau dokter yang berkompeten di kota anda. biasanya setiap Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) menyediakan layanan Klinik Laktasi.

Untuk memberikan sedikit masukan, berikut beberapa cara supaya lancar menyusui:

1. Makan Sayuran Hijau

Semua orang tahu sayuran hijau sangat menyehatkan tubuh kita, terutama bagi ibu menyusui sayuran ini sangat mempengaruhi volume air susu yang dihasilakn, beberapa sayuran hijau yang dianjurkan adalah Katu, bayam, daun kacang-kacangan (lembayung), kangkung, kacang hijau dll. buah kacang-kacangan juga dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui, kata mamake "marning" juga bisa dikonsumsi untuk memperlancar ASI. Marning adalah biji jagung yang digoreng tidak sampai "meledak-ledak" dan dilumuri dengan bumbu agak pedas, marning hampir sama seperti popcorn, tapi jagung marning tidak sampai meledak.

2. Buah

Konsumsilah buah yang kaya akan serat dan air setiap hari, buah dapat berfungsi memperbanyak volume air susu karena mengandung air. Selain buah ibu menyusui juga harus banyak mengkonsumsi air putih, setidaknya 2 liter per hari agar volume air susu tetap terjaga.

3. Suasana hati

Percaya atau tidak semakin kita senang maka air susu akan banyak keluar tetapi jika kita stress maka air susupun akan sulit keluar lebih-lebih lagi stress ternyata bisa menular ke bayi kita, efeknya bayi akan terus menangis, gelisah, tidak mau mengenyot. Ciptakanlah suasana yang nyaman dan tenang, dukunglah segala kebutuhan Ibu dan bayi, seluruh anggota keluarga harus berperan aktif untuk menciptakan suasana yang nyaman tersebut. Kenyamanan akan menular kepada bayi kita, sehingga akan menyehatkan jasmani dan rohaninya, fisik maupun psikisnya, bahkan pada beberapa sumber menyebutkan faktor suasana hati sangat berpengaruh besar dalam keberhasilan menyeusui, karena dengan hati yang senang bisa menambah nafsu makan bunda, nafsu untuk melahap sayuran hijau, sehingga bayi terpenuhi kebutuhan asinya. Ibu juga harus mempelajari posisi menyusui yang nyaman, sehingga bayi bisa nyaman dan senang, teruslah berkonsultasi dan berkomunikasi di dunia maya maupun nyata untuk selalu belajar sampai anda mendapatkan posisi yang nyaman untuk menyusui.

4. Terus berjuang

Bagi ibu yang baru melahirkan biasanya dalam beberapa hari belum bisa memproduksi ASI, ini adalah normal, Sufor bisa menjadi alternatifnya. Teruslah coba menyusui pada hari-hari berikutnya untuk merangsang produktifitas ASI.  Biasanya setelah satu minggu ASI baru bisa lancar, tapi ada beberapa juga yang belum lancar. ada juga kasus minggu pertama bayi bersemangat untuk ASI, minggu berikutnya tidak mau. Ibu jangan panik, jangan minder, jangan menyalahkan ASI anda, anda harus terus berjuang, terus cari informasi, teruslah konsultasi, teruslah cerdas, dan pantang menyerah dalam memberikan yang terbaik untuk bayi kita, Allah SWT tidak tidur, Allah akan menolong hambanya yang ingin memberikan kebaikan untuk anaknya. Segala kesulitan ada solusinya, kita jangan terpengaruh dengan omongan orang, cibiran orang, kita harus berjuang, jangan biarkan orang lain melemahkan perjuangan kita. terus tanamkan dalam hati HANYA ASI YANG TERBAIK UNTUK BAYI. jika si bayi tak mau menyusui sementara ASI bisa keluar, maka perahlah sesering mungkin guna menjaga produktifitas ASI, semakin sering dikeluarkan maka ASI akan semakin banyak, jika tidak pernah di keluarkan maka "pabrik" ASI juga akan menyetop produksinya. Di dalam ASI ada hukum permintaan dan produksi, jika permintaan naik maka produksi akan naik juga, sadarilah dan pahamilah itu. bagi bunda yang hanya bisa memproduksi ASI sangat sedikit, sadarilah itu yang terbaik untuk bayi anda, satu sendok setiap hari itu jauh lebih baik daripada kita tidak sama sekali dan "menyerah" dengan keadaan. bayi yang kuat tercipta dari ibu yang kuat, kuat untuk berjuang memberikan ASI untuk calon Pejuang dikemudian hari. tanamkan sifat pantang menyerah kita, insyaAlloh bayi kita akan mewarisi sifat pantang menyerah ini untuk dikemudian hari.  sedikit banyaknya ASI, itulah yang sebenarnya akan menjadikan anak anda kebal, pahami itu. di AIMI terkadanag ada yang berhasil lancar ASI setelah anak berumur 7 bulan, jadi bagi anda yang baru beberapa bulan kesulitan untuk ASI jangan MENYERAH… terus berjuang, semua orang yang paham ASI akan mendukung perjuangan anda, saat nanti anda berhasil bisa ASI, maka itu seperti menemukan surga dunia, kebahagiaan yang akan anda rasakan sangat luar biasa sekali, anda bisa lebih sayang dengan anak, lebih tenang, lebih senang, dan pastinya lebih hemat karena anggaran untuk membeli sufor bisa anda belanjakan untuk membeli makanan yang bergizi. ASI IS THE BEST.

5. Suplemen Tambahan

Jika ASI anda masih tetap kurang, cobalah suplemen tambahan, seperti mengkonsumsi Jamu atau Vitamin yang mengandung ekstrak pelancar ASI seperti daun Katu. Ada juga teh yang berfungsi sebagai pelancar ASI, semua informasi ini anda bisa searching di internet, jangan lupa untuk Perhatikan aturan pakai dan kontra indikasi. cobalah diskusikan dengan dokter anda untuk mendapatkan dosis yang tepat, hentikan pemakaian jika terjadi kontra indikasi dan segera konsultasi ke dokter.

6. Suasana Ruangan

Ciptakan suasana ruangan yang nyaman, tidak terlalu panas dan tak terlalu dingin, pencahayaan juga harus diatur menyesuaikan kesukaan bayi anda, anda bisa mencoba dari redup ke terang. Alunan musik santai juga bisa menambah ketenangan hati bagi ibu dan bayi.

7. Sentuhan Kulit

Saat anda menyusui, berikan sentuhan tangan anda ke kulit bayi, ajaklah bicara, berilah semangat kepadanya, dan tanamkan sesuatu yang positif. Bayi anda bisa merasakan dan mengerti apa yang anda katakan, karena batin anda dan bayi "tersambung" sejak sibayi ada dalam kandungan.

8. Berdoalah

Panjatkanlah doa kepada Allah SWT, Allah adalah sebaik-baik penolong. menurut hadist: "Jadikan Sabar dan Sholat sebgai penolongmu"

mengingat pentingnya ASI bagi ibu dan bayi maka kita harus beri dukungan penuh kepada siapapun yang menyusui bayinya. semoga ibu-ibu di dunia ini semua tau pentingnya ASI, sehingga mereka semua peduli dengan semua ibu-ibu lainnya, sehingga mereka bisa selalu mendukung bagi siapa saja yang menyusui bayinya.

Semoga bermanfaat, jika ada koreksi mengenai artikel ini, silahkan tulis pada kolom komentar.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

*