10 Cara Menenangkan Bayi Menangis

2
5945

Bagi pasangan suami istri yang baru dikarunia anak pertama pasti ada kebingungan dalam merawat buah hati, adakalanya si kecil menangis terus menerus, ada kalanya tidurnya tak pulas.

Berikut adalah tips sederhana untuk menenangkan bayi yang menangis:

1. Lapar

Lapar adalah penyebab kebanyakan bayi menangis, terkadang kita beranggapan baru saja selesai minum asi atau susu tapi tiba-tiba si keci menangis karena lapar lagi. Semakin bertambah umur maka semakin banyak juga konsumsi susunya, ini untuk mengimbangi kebutuhan perkembangan berat badannya. jika bayi anda mengkonsumsi susu formula, silahkan ikuti dosis yang tertera pada kaleng susu untuk mengetahui takaran konsumsi susu yang harus dipenuhi dalam sehari.

2. Muntah

Jika bayi mengalami muntah yang hebat bisa dipastikan bayi akan menangis histeris, kenali penyebab muntah dan aplikasikan solusinya. beberapa penyebab muntah yaitu:

a. Bayi disusui dalam posisi tidur, dalam posisi ini air susu tidak bisa sempurna masuk ke dalam perut sehingga bayi gampang muntah, susuilah bayi dengan menggendongnya, cara ini lebih nyaman bagi si bayi dan lebih aman. jika setelah disusui bayi tidak tenang maka sangat disarankan untuk tidak menidurkannya melainkan harus menegakkannya atau menggendongnya sambil menepuk-nepuk punggung bayi hingga bayi bersendawa, ini supaya air susu bisa masuk dengan sempurna ke dalam perutnya dan angin didalam perut keluar melalui sendawa, jadi bayi tidak berpotensi muntah.

b. Bayi disusui dalam kondisi sangat lapar, dalam kondisi sangat lapar bayi menyusu dengan tergesa-gesa hal ini dapat menyebabkan tersedak dan banyak udara yang ikut masuk kedalam perut, susuilah bayi sesaat sebelum lapar agar dia tenang dalam menyusu.

c. bayi disusui dalam kondisi menangis histeris, dalam kondisi ini juga bayi harus ditenangkan dulu dengan cara digendong, jangan langsung disusui karena bayi sangat berpotensi tersedak, setelah bayi tenang maka baru bisa disusui.

d. bayi terlalu kenyang, jika bayi sudah kenyang jangan terus-terusan diberi susu, jika berlebihan maka bayi akan mengalami muntah karena perutnya tidak bisa menampung air susu yang masuk. susuilah secukupnya, ikutilah anjuran pakai sesuai umur dan kebutuhan bayi. Jika anda menggunakan susu formula ikutilah dosis konsumsi susu yang tertera pada kaleng susu. Jika anda memberikan asi eksklusif biasanya bayi akan berhenti menyusu saat dia sudah kenyang.

e. Kondisi perut bayi tidak nyaman, kondisi ini biasanya diakibatkan karena terlalu kenyang atau kedinginan, usapkan minyak telon atau minyak kayu putih ke perut bayi dan telapak kaki, pakaikan selimut supaya hangat dan nyaman, dan gendonglah bayi supaya dia tenang. penyebab lainnya adalah pemasangan gurita yang terlalu kencang, kencangnya gurita akan menyebabkan perut tertekan dan akan mengganggu sirkulasi pernafasan. ini membuat bayi tidak nyaman, kendurkanlah ikatan gurita bila perlu lepaslah gurita karena menurut dokter, bayi tidak boleh memakai gurita karena secara medis akan mengganggu pernafasan.

3. Pipis

Hal yang wajar jika bayi yang pipis menangis, gantilah popok pelan-pelan penuh kasih sayang, frekuensi pipis akan semakin banyak saat cuaca dingin jika anda tidak mau repot, gunakanlah diapers untuk mengantisipasinya tapi jangan terlalu lama, beberapa sumber mengatakan standard lama pemakaian diapers adalah 4 jam. Pada sebagian bayi diapers dapat menyebabkan iritasi pada kulit, jika hal tersebut terjadi maka anda harus lebih bijak dalam menggunakannya.

4. Suhu Kamar

Suhu kamar yang terlalu panas akan menyebabkan bayi gerah dan berkeringat, jika memungkinkan gunakanlah Air Conditioner (AC), jika tidak ada gunakanlah kipas angin yang diarahkan ke dinding, pastikan ruangan dan kipas angin bersih dari debu karean debu akan mengganggu pernafasan bayi.

Suhu kamar yang dingin juga akan menyebabkan bayi rewel, bahkan bayi akan sulit ditidurkan. pada kondisi seperti ini sebaiknya perut bayi dan telapak kaki diberi minyak telon supaya hangat, langkah selanjutnya beri selimut tebal, atau bisa dicoba dengan alternatif dibedong, dengan dibedong seluruh anggota tubuh kecuali kepala akan terasa hangat, pada sebagian bayi saat dibedong dalam kondisi dingin dia akan langsung nyaman dan langsung tertidur, tapi terkadang ada beberapa bayi yang berteriak jika dibedong karena merasa “terikat”, carilah alternatif lainnya, intinya supaya suhu tubuh si kecil bisa hangat.

5. Bising

bayi sangat sensitif sekali dengan suara, suara yang tidak seberapakeraspun akan menyebabkan bayi kaget. Jika suara ini terus menerus terdengar maka bayi akan terus menerus kaget dan lama kelamaan bayi akan menangis, jika diteruskan lagi maka bayi akan menangis histeris sampai mengakibatkan kolik. kolik adalah sebuah keadaan bayi tidak bisa tenang, menangis histeris terus menerus sebagian orang tua kita mengatakan bahwa ada sesuatu yang tak nampak yang sedang menggangu bayi. Secara medis suara bising bisa menjadi salah satu penyebab bayi menjadi kolik. Suasana tenang akan membantu bayi tertidur. Dalam beberapa kasus untuk membuat bayi tidur, bayi tidak perlu digendong, dia akan tertidur dengan sendirinya jika suasana ruangan tenang tanpa suara sedikitpun, terkadang obrolan kita bisa juga mengganggu tidur bayi, kurangi berbincang-bincang saat akan menidurkan bayi.

6. Penerangan

Penerangan ruangan kamar yang temaram akan menyejukkan mata bayi sehingga membuat bayi menjadi nyaman, suasana penerangan seperti ini bisa didapatkan dengan memasang lampu 5 watt lalu ditutupi kertas sehingga panaran lampu tidak langsung jatuh ke mata. masing-masing bayi memiliki karakter berbeda-beda dalam menanggapi intensitas cahaya lampu, ada yang nyaman dengan lampu temaram, ada pula yang nyaman dengan lampu sedikit agak terang bahkan ada yang nyaman dengan terang. Anda bisa melakukan beberapa percobaan untuk mendapatkan kenyamanan pada bayi anda.

7. batuk / Demam

Saat bayi batuk atau demam langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan asupan asi/sufor semaksimal mungkin, asi adalah makanan terbaik untuk bayi, dengan adanya asupan yang banyak maka akan membantu kekebalan tubuhnya untuk melawan sakit. perlu diperhatikan juga bagi ibu menyusui, konsumsilah buah dan sayur yang cukup guna melancarkan pencernaan si bayi dan kelancaran asi, kurangi konsumsi masakan pedas, santan dan minuman dingin, karena apa yang ibu makan maka kandungan makanan tersebut akan terkandung juga dalam asi. langkah berikutnya untuk menghadapi bayi batuk adalah bayi dijemur pada pagi hari, cahaya matahari pagi sangat baik untuk bayi guna meningkatkan kekebalan tubuhnya dan sumber vitamin D untuk pertumbuhan tubuhnya.

8. Kecetit

saat kondisi bayi kecetit/keseleo biasanya dia rewel, susah tidur, merintih, dan nafsu makan berkurang. jika digendong bayi tetap tidak nyaman, maka segeralah konsultasikan ke dokter anda. Lain halnya dengan bayi-bayi di Jatisari, jika mereka kecetit dengan indikasi seperti di atas maka bayi akan langsung dilarikan ke Mbah Paijem atau Teh Enung untuk diurut, mereka ahli dalam mengurut bayi, bahkan beberapa bayi ada yang batuk, panas, dan flu mereka tidak membawa ke dokter melainkan dibawa ke Mbah Paijem untuk diurut, dan Alhamdulillah sakitnya bisa sembuh.

Urut atau pijet bertujuan melancarkan peredaran darah, meregangkan otot-otot yang kaku, dan meluruskan urat-urat yang bermasalah. masing-masing orang tua dan bayi memiliki karakter berbeda tergantung dari keyakinan masing-masing. Silahkan dibawa ke dokter atau diurut, itu adalah pilihan masing-masing individu, yang penting bayi kita bisa sehat.

9. Kondisi psikologis Orang tua

jika orang tua si bayi sedang mengalami stress, biasanya stress tersebut akan tertular pada bayi, karena batin bayi dan orang tua itu saling merasakan, oleh karena itu anda harus menjaga pikiran anda, jangan sampai stress, bersifatlah sabar dalam menerima segala masalah, ikhlas dalam segala hal, selalu berpikir positif, dan pandai-pandailah dalam mensyukuri apa yang telah dikaruniakan Allah SWT, sebisa mungkin hindarilah konflik, lebih baik mengalah, karena mengalah itu lebih berkah. tips menghindari konflik bisa dibaca di sini.

10. Doa / wirid

Jika anda muslim dan 9 langkah diatas sudah dilakukan tetapi bayi masih juga menangis, cobalah untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT, pasrahkan jiwa raga kita, sholat hajatlah, minta bantuan dan pertolongan Allah untuk menenangkan bayi anda, minta perlindungan Allah dari segala gangguan yang nampak maupun tak nampak, mintalah perlindungan dari segala bentuk kejahatan dan keburukan, karena sebaik-baik penolong hanyalah Allah SWT dan jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.

setiap bayi memilki karakteristik yang berbeda-beda, kesepuluh cara diatas adalah cara yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan atau sebagian orang, mungkin ada beberapa bayi yang penanganannya berbeda bahkan bertolak belakang dengan cara-cara diatas, itu adalah hal wajar karena masing-masing individu memiliki keunikan sendiri-sendiri. silahkan mencari cara yang menurut anda cocok untuk penanganan bayi anda selagi cara itu medis, logis, dan tidak mendekati syirik. semoga Allah SWT memberikan pertolongannya kepada kita semua.

demikian, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dan mohon maaf juga jika redaksionalnya kurang baik, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika ada koreksi, masukan, atau saran mengenai tulisan ini, silahkan isi dalam kolom komentar atau untuk quick action bisa layangkan email ke [email protected]. terima kasih.

Ditulis dari berbagai sumber

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

*