25 Perlengkapan Bayi Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Lahir

6
153379

Mempersiapkan kelahiran adalah hal yang wajib dilakukan bagi pasutri yang telah memasuki usia kandungan diatas tujuh bulan. Persiapan ini mencakup segi fisik dan psikis baik untuk Ibu maupun calon bayinya. Bagi pasutri yang baru akan dikaruniai momongan tentunya ada sedikit kebingungan dalam mempersiapkan perlengkapan apa saja yang harus dipersiapkan untuk si kecil. berikut adalah beberapa perlengkapan penting yang harus dipersiapkan:

1. Popok

Popok berfungsi sebagai celana pada bayi, popok harus diganti jika bayi pipis atau “pup”. Frekuensi bayi pipis adalah 2 jam sekali, pada kondisi cuaca dingin bisa satu jam sekali. dalam sehari semalam anda harus mempersiapkan setidaknya 12 buah ( 1 Lusin) popok, jadi untuk kesehariannya kelak setidaknya kita harus mempersiapkan 2 lusin popok, 12 buah dicuci, 12 buah lagi untuk dipakai dalam sehari.

2. Kain Bedong

Ukuran kain bedong yang umum biasanya 110cm X 90cm atau menyesuaikan keberadaan stock di daerah kita masing-masing, lebih lebar akan lebih baik karena akan lebih memudahkan proses pembedongan. Jumlah kebutuhan bedong sama dengan popok karena jika popok basah maka bedongpun akan basah, jadi kita harus mempersiapkan setidaknya 2 lusin bedong untuk sibuah hati. jika dikemudian hari jumlah tersebut kurang, maka kita harus mempersiapkan bedong tambahan. bedong sangat vital sekali untuk sibayi, karena dalam keadaan mendesak bisa juga digunakan untuk selimut sibayi.

3. Diapers

saat kondisi ekstra dingin misalnya saat hujan malam hari, bayi sering pipis diapers bisa menjadi solusi terbaik untuk menjaga kenyamanan tidurnya, pilihlah jenis diapers yang buka-tutup jangan tipe celana, hal ini memudahkan kita saat membersihkan sikecil saat dia pup. pada sebagian bayi diapers dapat menyebabkan iritasi, gunakanlah diapers dengan bijak.

4. Baju Bayi

ada dua jenis baju bayi, lengan panjang dan pendek, setidaknya kita harus menyiapkan 1 lusin untuk masing-masing jenis. baju lengan panjang sangat efektif digunakan pada cuaca dingin untuk kenyamanan bayi, sementara lengan pendek untuk cuaca panas. saat bayi pipis biasanya baju tidak ikut basah hanya kadang-kadang, sehingga baju bisa dipakai sepanjang malam. basahnya baju biasanya karena bayi gumoh/muntah atau karena keringat berlebih.

5. “Gurita”

Menurut medis, Gurita tidak boleh lagi dipakaikan pada bayi karena akan mengganggu sistem pernafasan bayi. tapi bagi orang tua yang masih mengikuti trend “jadul”, gurita menjadi sebuah keharusan bagi sibayi. Pemakaian gurita dianjurkan tidak terlalu ketat, supaya bagian perut dan dada bisa leluasa. tapi ada beberapa orang tua yang memperketat gurita katanya supaya perut bayi tidak melar. setiap bayi dan orang tua memiliki keunikan dan lepercayaan masing-masing, untuk lebih bijaknya kita harus diskusikan hal tersebut kepada para medis untuk mendapatkan keterangan yang logis mengenai pro kontra gurita, tapi perlu diperhatikan jika bayi sering muntah dan sering menangis karena tidak nyaman, coba buka guritanya. Jika setelah dibuka/dikendurkan guritanya sibayi tenang maka bisa dipastikan bayi kita tidak nyaman dengan gurita yang dipakai. standard-nya kita harus mempersiapkan gurita 1 lusin untuk sibayi.

6. Kaos dalam (singlet)

singlet adalah pengganti gurita, jika dengan gurita bayi tidak nyaman, maka singlet harus dipakaikan untuk menjaga kehangatan tubuh bayi. Satu lusin singlet cukup untuk keseharian sibayi.

7. Celana

Biasanya model celana Pop digunakan jika kita akan mengajak jalan-jalan si kecil, model celana ini untuk menutupi diapers, celana pop adalah celana pendek yang memiliki posisi lubang kaki di bagian depan. satu lusin cukup untuk kesehariannya, jumlah bisa ditambah saat si kecil semakin besar. model celana berikutnya adalah celana panjang buntu, celana ini panjang tapi tidak memiliki lubang kaki, digunakan pada saat bayi membutuhkan kehangatan. satu lusin cukup untuk kesehariannya.

8. Baju Pesta

kita juga harus mempersiapkan baju pesta bagi sikecil saat kita akan mengajaknya ke acara-acara resmi, persiapkanlah beberapa saja sesuai kebutuhan, pemakaian baju ini hanya sebentar karena ukuran tubuh bayi akan berkembang pesat pada usia 1~3 bulan, jadi kalo berlebihan nanti sayang jika tidak muat lagi untuk ukuran tubuh si kecil.

9. Kaos Kaki dan Sarung Tangan

Kaos kaki berfungsi untuk menghangatkan kaki, jika kaki si kecil dingin maka akan membuatnya tidak nyaman, susah tidur dan selalu merengek. sementara Kaos Tangan digunakan untuk menghangatkan telapan tangan dan sebagai pelindung kuku bayi supaya tidak mencakar wajahnya sendiri. persiapkan masing-masing 1 lusin, pada kualitas rendah biasanya sarung tangan gampang kendur dan robek, untuk sarung kaki carilah yang ukuran agak besar, karena yang ukuran kecil terkadang tidak muat untuk telapak kaki.

10. Perlengkapan Mandi.

Perlengkapan mandi yang harus dipersiapkan antara lain: Bak spesial untuk mandi bayi, sabun mandi berikut dengan tempat sabunnya, shampoo, dan handuk lembut.

11. Perlengkapan kesehatan

Perlengkapan kesehtan yang harus dipersiapkan antara lain: Minyak kayu Putih, Termometer, plester anti demam, baby oil, cutton bud, kain kassa, Minyak Telon, dan perlengkapan tambahan lainnya menurut kebutuhan. sekedar mengingatkan, saat bayi kita demam atau batuk, obat yang paling dianjurkan adalah banyak-banyak minum asi/sufor dan bayi dijemur, InsyaAlllah bayi akan segera pulih, jika masih belum pulih segera kunjungi para medis.

12. selimut

Selimut digunakan saat bepergian atau dalam cuaca extra dingin, pilihlah bahan yang lembut dan yang mudah dalam pemakaiannya.

13. Gendongan dan Kain panjang (Jarik)

Kain Panjang biasanya digunakan jika kita menggendong si kecil dalam waktu yang lama, jika kita menggendong tidak menggunakan kain, maka bayi kurang nyaman. Gendongan ada yang gendongan depan dan belakang, belilah gendongan depan dahulu, gendongan belakang digunakan saat si kecil sudah beranjak besar setidaknya saat dia sudah bisa berjalan.

14. Tempat Tidur Bayi

Belilah tempat tidur bayi yang sudah ada selambu anti nyamuknya, jadi saat bayi tidur bayi aman dari gangguan nyamuk. tempat tidur ini bisa digunakan dimana saj, di ruang tamu, kamar, untuk berjemur, dll.

15. terpal anti pipis

terpal ukuran 70cm X 90cm digunakan sebagai alas bayi, jadi jika bayi pipis maka air pipis tidak membasahi kasur. belilah 2 buah untuk digunakan di kasur dan ditempat tidur bayu.

16. Perlengkapan bedak

Bila kita memiliki dana yang cukup, persiapkanlah peralatan bedak yang lengkap, biasanya sudah terdiri dari kotak bedak, spoon bedak, pilihlah yang memiliki spoon bedak 2, satu digunakan untuk daerah pantat dan sekitarnya, satunya lagi untuk muka dan sekitarnya. Ada lagi perlengkapan bedak yang lebih lengkap, didalamnya sudah ada baby oil, cutton bud, baby cologne, parfum bayi, dan lain-lain.

17. botol dot dan alat steril botol

ASI adalah sesuatu yang benar-benar kita harapkan, tapi terkadang harapan kita belum sesuai kenyataan, kadang ada beberapa kendala fisik atupun psikis yang membuat kita tidak bisa memberikan ASI ekslusif, mau tisak mau, suka tidak suka Susu formula adalah alternatif yang harus kita tempuh jika kita belum bisa ASI. selain Sufor, perlengkapannyapun harus kita persiapkan, sangat dianjurkan memilih dot yang “BPA Free” untuk menjaga kesehatan bayi. Perlu diketahui, umur Sufor yang sudah dilarutkan hanya 2 jam, jadi kita harus memilki lebih dari 1 botol dot, dianjurkan memiliki setidaknya 4 botol, jadi jika malam kita tidak perlu mencuci botol hingga pagi harinya. kita bisa lebih tenang merawat bayi kita, tapi sesedikit apapun asi yang bisa kita berikan itu sangat-sangat-sangat bermanfaat untuk kesehatan si ibu dan bayinya. kendala lain jika kita memakai dot adalah kita harus mensterilkan dot jika akan dipakai, steril dot bisa dengan merebus dot dengan air mendidih selama 5 menit atau dengan menggunakan alat sterilisasi. pilihlah alat sterilisasi yang BPA free, dan pilihlah yang bisa lebih dari 2 botol, tapi lebih bijak lagi pilihlah yang sesuai dengan kondisi keuangan anda. jika dirasa merebus jauh lebih ekonomis maka itu lebih baik.

18. termos air panas

Termos air panas sangat penting bagi pasutri yang merawat bayinya dengan bantuan Sufor, persiapkanlah yang sesuai dengan kebutuhan, ukuran 500ml sudah cukup jika hanya digunakan untuk melarutkan susu untuk kebutuhan satu hari.

19. keranjang pakaian kotor

pakaian bayi yang terkena pipis harus dipisahkan dengan pakaian kotor dewasa supaya tidak saling mempengaruhi, jadi kita harus siapkan satu kernajng khusus untuk pakaian kotor bayi kita.

20. Lemari pakaian bayi

dengan bertambahnya anggota keluarga baru, maka diperlukan juga tambahan lemari pakaian untuk si kecil, belilah yang sesuai dengan kantong anda, jika ingin yang ekonomis belilah yang berbentuk box dari plastik, harganya sekitar 250 ribu (November 2013) ini sudah cukup untuk menempatkan semua pakaian si kecil..

21. Tas

saat akan bepergian kita harus memiliki tas untuk menampung segala perlengkapan bayi yang diperlukan, jika memang sebelumnya kita sudah memiliki tas bepergian kita tidak perlu membelinya, ingatlah kebutuhan baby semakin lama semakin banyak, jadi kita tidak perlu mengeluarkan kantong kita untuk keperluan yang kurang penting, prioritaskan untuk kebutuhan bayi, terserah orang mau bilang apa.

22. Tisu wajah

Tisu digunakan untuk membersihkan pup atau pipis bayi, persiapkanlah tisu biasa dan celupkanlah air sebelum digunakan untuk membersiahkan bayi, ini akan lebih hemat dan lebih sehat daripada kita membeli tisu basah.

23. Bantal Guling

Biasanya bantal guling bayi sudah sepaket dengan tempat tidur bayi, jika tidak ada maka kita harus membelinya terpisah. bantal lambat laun akan kempes, jadi persiapkan setidaknya 2 bantal, atau persiapkanlah bantal yang kualitasnya bagus.

24. Perlengkapan cuci baju bayi

perlengkapan cuci pakaian bayi tidak jauh beda dengan pakaian dewasa, persiapkanlah ember, deterjen, pelembut, pewangi, hanger, dan jemuran. jika memungkinkan siapkanlah tempat teduh diteras untuk menjemur pakaian saat kondisi hujan atau malam hari.

25. Perlengkapan Ibu setelah melahirkan

Bagi ibu yang baru melahirkan harus menggunakan Gurita untuk menjaga kesetabilan perut yang baru saja melahirkan, persiapkanlah setidaknya 3 gurita, persiapkan juga kain atau sarung, ini untuk memudahkan aktifitas berjalan ibu. ada beberapa ibu yang harus menggunakan stagen untuk lebih memperkuat posisi perutnya. persiapkan juga baju dengan kancing di depan ini digunakan untuk memudahkan aktifitas ibu saat memberikan asi kepada si kecil, Jangan lupa juga untuk mengantisipasi masa nifas dengan persiapan pembalut yang cukup.

25.

Demikianlah beberapa perlengkapan ibu dan bayi yang harus dipersiapkan sebelum kelahiran, persiapkanlah sewaktu anda masih memiliki waktu senggang, usahakan membelinya di toko grosiran supaya lebih ekonomis, bila memungkinkan belilah sekaligus dalam satu waktu, tapi anda juga harus memikirkan mobilisasi barang-barnag tersebut dari toko ke rumah, jika tidak memungkinkan dua atau tiga kali membeli juga tidak mengapa.

Masing-masing Individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda tapi setidaknya dua puluh lima poin di atas harus dimiliki oleh pasutri yang sedang mempersiapkan kelahiran si buah hati, belilah kualitas sesuai kondisi keuangan anda, carilah yang seefisien mungkin, kebutuhan bayi kita masih banyak, Imunisasi, cek-up dokter, biaya untuk pemberian nama dalam bentuk aqiqah juga harus kita perhitungkan, ingatlah menurut hadist “Sesungguhnya bersama anak itu ada hak diakikahi, maka tumpahkanlah darah baginya (dengan menyembelih hewan) dan buanglah penyakit darinya (dengan mencukur rambutnya)”(HR Bukhari)

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

komentar dan koreksi silahkan isi di kolom komentar.

Sumber Foto: http://www.tikosaptoantono.web.id/images/image/baju.jpg

6 KOMENTAR

  1. halo mba aku juga tulis tentang perlengkapan yang harus disiapkan saat akan melahirkan. emang semangat banget ya kalo belanja untuk kebutuhan bayi itu hihi. visit di blog aku juga ya , salam kenal mba 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

*