Terkadang kebiasaan tidur seseorang akan selalu terbawa dalam kondisi apapun, termasuk dalam kondisi sakit. Ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan tidur menindih tangannya dengan kepala. Hati-hati, kebiasaan ini akan tetap berjalan walaupun kondisi tangan sedang diinfus.

Bagi seorang penjaga pasien harus waspada dengab kebiasaan pasien seperti ini karena jika dibiarkan akan membahayakan pasien itu sendiri, misalnya jarum infus lepas lalu darah bisa saja keluar. Yang lebih bahaya lagi adalah dengan kondisi tertimpa kepala maka keluarnya darah tidak terpantau oleh orang yang menjaga pasien.

Oleh karena itu sangat penting diperhatikan bahwa jangan memberikan izin kepada pasien untuk menindih tangannya dengan kepala walaupun dengan alasan apapun, karena jika diizinkan ini akan membahayakan pasien. Awalnya mungkin tak masalah, baik-baik saja, tapi beberapa jam kemudian bisa jadi akan berbeda kejadiannya.

Ada beberapa solusi untuk kebiasaan yang tidak baik ini, yaitu dengan menambahkan papan infus pada lengan pasien, supaya jarum.infus tidak mudah bergerak kesana kemari, lalu tangan pasien di kaitkan dengan penghalang bat supaya lengan pasien tidak bisa mengarah ke kepala pasien. Kelihatannya tidak nyaman bagi pasien, tapi dengan ini pasien akan lebih aman.

Waspada juga, apa yang kita lihat bisa jadi berbeda tafsir dengan maksud dan tujuan sebenarnya. Tabayun-lah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here