zakat fitrah 2,5 atau 2,7 kg atau 2,8

Bismillah

Sebagai bahan penelitian.
Ini saya mendapatkan takaran mudd dari teman kantor..katanya ini adalah mud yg ada sanadnya. Kalo tak salah mud madinah.

mudd dengan sertifikat sanadnya

Dan saya coba masukkan beras sampai penuh meluap, sampai muncung, sampai berasnnya jatuh sendiri.

Lalu beras yg sisa di mud saya timbang dengan timbangan digital yang insyaallah lebih presisi dibandingkan dengan timbangan jarum. Terbacalah 1 mud beras tadi 626.8 gram.

Zakat adalah 4 mud. Maka 626.8 x 4 = 2507.8 gram atau 2,5 Kg. Artinya 2,5kg beras memang sudah cukup untuk zakat fitrah karena sudah sama dengan 4 mud, asalkan timbangannya benar-benar presisi.

1 mud beras 626.8 gram

Jika kita menimbang dengan timbangan yang tidak diketahui tingkat kepresisiannya, alangkah baiknya ditambahi sedikit supaya sebagai bentuk kehati-hatian, dan menghilangkan was-was takut kurang timbang.

Apalagi bagi yg tidak memiliki timbangan dan mengandalkan takaran muk, canting, rantang atau lain-lainnya, maka harus diketahui betul berapa gram sebenarnya setiap takaran mug/canting/rantang yg digunakan untuk menakar zakat fitrah.

Mudah-mudahan dengan percobaan ini kita bisa memahami kenapa ada pendapat zakat fitrah itu beras 2,5kg ada yang bilang 2,7 atau 2,8 bahkan 3kg. saya pikir Ini merupakan bentuk kehati-hatian supaya jangan ngepres-ngepres di angka 2,5kg, ditakutkan timbangan kita kurang presisi. Jika timbangan kita presisinya bisa dipertanggung jawabkan saya pikir tidak akan ada masalah jika zakat fitrahnya tepat 2,5kg beras

Wallahualam.

Percobaan ini hanya sebagai uji coba saya sebagai orang awam, karena penasaran dengan mud. Saya yakin percobaan banyak kekurangannya disana sini, tapi setidaknya dengan percobaan ini kita paham mud itu ternyata segini segini dan segini.

Oh iya, beras yg saya gunakan adalah beras asli tanam di Jatisari Lamlung selatan, tanah kelahiran saya, saya gak tau varietasnya apa, dan itu adalah hasil panen kira-kira April 2020, dan saya melakukan percobaan ini di mei 2021.

Saya juga belum coba dengan beras-beras yang lain, apakah dengan takaran 1 mud itu semua beras sama hasilnya di angka 626.8 atau tidak. Dan percobaan inipun baru sekali nimbang, idealnya kalo percobaan itu 10x nimbang, dan dengan sampling yg berbeda-beda. Karena bisa jadi masing-masing beras punya berat jenis yang mungkin sedikit berbeda-beda. Atau beras yg baru dipanen dengan beras lama mungkin ada perbedaan juga, saya belum mencoba menelitinya.

Semoga bermanfaat. Dan bisa membuka pikiran kita tentang apa itu mudd.

Wallahualam.

Saya yang fakir ilmu.

Jika ada kebenaran datangnya dari Allah.
Jika ada kesalahan saya mohon maaf, dan kepada Allah Saya mohon ampun.

timbang mud dengan timbangan jarum

ini adalah screen shoot comment di facebook. ternyata ada mudd jenis lainnya juga yg 1 mudnya 700an gram beras. wallahualam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here