Cara Cek Golongan Darah

0
25

Golongan darah sangat penting kita ketahui. Dengan mengetahui golongan darah yang kita miliki maka kita akan lebih cepat diselamatkan atau menyelamatkan diri kita sendiri dan orang lain.

Bagi saudara-saudaraku yang belum pernah mengetahui golongan darahnya, baiknya segera memeriksakannya supaya di kemudian hari jika kita memerlukan darah maka ptosesnya bisa semakin cepat.

Langkah yang pasti untuk Pengecekan golongan darah bisa dilakukan di Unit Transfusi Darah Pembina PMI Provinsi Lampung yang terletak di Jl. sam Ratu Langi belakang RSU Abdul Moeloek Bandar Lampung.

Di UTD ini kita juga bisa nelakukan test Hemoglobin (HB). Jika kita meniliki HB di bawah 12,5 maka kita belum bisa mendonorkan darah karena ditakutkan akan membahayakan tubuh kita. HB di atas 12,5 baru bisa donor.

Golongan darah yang ada yaitu A, B, AB, O dengan varian resus Positif atau Negatif. Jika darah kita B resus positif maka kita hanya bisa mendonorkan darah kita untuk yg bergolongan darah sama dan resus sama.

Cek golongan darah tidak lama, sekitar 1 menit sudah bisa diketahui. Langkahnya yaitu ujung telunjuk kita akan dicetek dengan jarum kecil lalu setetes darah akan keluar dan diambil lalu di bagi menjadi 3 tempat, Lalu bagian-bagian ini akan diberi larutan dan muncullah indikasi yang menentukan jenis golongan darah kita dan resus kita.

Semoga dengan adanya mengetahui jenis golongan darah kita, kita akan bisa lebih mudah dan cepat untuk menyelamatkan sanak saudara teman dan kolega kita yang membutuhkan darah.

Selain di PMI, biasanya kita juga bisa mrlakukan crk golongan darah di puskesmas tertentu, laboratorium, atau saat ada acara donor darah di suatu tempat. Setetes darah kita sangat berarti bagi saudara kita yang membutuhkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

*