Sebagai atlit Pingpong Kampungan, Kita harus punya Bet sendiri, kenapa:

  1. Kita harus Setanganan dengan bet, jangan gonta-ganti, nanti mainnya gak stabil.
  2. Malu kalo harus minjem mulu.
  3. Kadang kita udah stabil dengan bet pinjeman, tau-taunya saat mau make, eeee… Bet itu udah dipake teman. Jadi gak maksimal mainnya.
  4. Kita sering kalah main hanya gara-gara bet yang gak pernah kita pakai.
  5. Bet murahan bisa dimodif jadi bet Profesional bagi kita.

Nah, untuk poin 5, kita akan bahas lebih lanjut. Harga bet set yang sudah standard mainan setidaknya 50 ribu rupiah. Merk macem-macem, ada butterfly, DHS, merk tulisannya China, dll. Kalo mau yang Expert, biasanya yang 500 ribuan atau di atasnya.

Bagi anak sekolahan,apalagi yg punya gaji pas-pasan untuk makan dan sekolahin anak, kita mikir-mikir mau ngeluarin Goban untuk sebuah bet, ini dia ada solusinya. Kalian bisa beli bet murahan 10ribuan terus di modif, kalo udah setanganan, bet kalian bisa ngalahin Pemain dengan bet yang ratusan ribu, asalkan kalian rajin latihan dan sering-sering belajar lewat trman, Youtube, dan medsos lainnya.

Cara modif bet murahan jadi Pro adalah sebagai berikut:

  1. Beli bet murah di toko online, biasanya 9ribuan. Kalo di toko olahraga Tanjung Karang 15ribu.
  2. Ambil ban dalam mobil yang bekas.
  3. Gunting ban dalam tersebut menyerupai bet.
  4. Lem dengan Aibon
  5. Coba mainkan, jika belum marem, coba tambah lagi selapis karet bannya. Coba buat main, jika OK, maka biasakan main dengan itu bet dan cari celah terbaik untuk memainkannya.
  6. Untuk mendapatkan permukaan karet yang licin slacy, biarkan karet ban begitu saja, jika mau keset, amplas itu karet sampe keset… Hasilnya perfecto untuk main, kontrol lebih mudah. Wallahualam.

Saya pribadi penholder, no RPB reverse Penhold Backhand. Saya beli bet murah itu, lalu saya buang semua sponnya, lalu saya lapisi karet ban dalam mobil 4 lapis. Hasilnya perfecto. Sisi sebelah reverse backhand saya kosongkan tanpa karet supaya ringan, karena saya juga penhold No RPB jadi tidak menggunakan sisi backhand pada bet. Hasilnya hard smash, hard rubber, no spin, no sponge, cirp ball.

Selamat mencoba.

Ini yang pake baju merah yang pake bet modifan

Defender using modified bet
Offense using modified bet

NB:
Ini tidak standar ITTF, tapi cukup ampuh untuk main sehari-hari di Kampung. FYI, standard ITTF ketebalan Rubber Bet adalah max 4mm, sedangkan bet saya 8mm. Bravo ITTF…!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here