7 Tips menghindari penipuan Online berkedok transfer ATM

0
1074

para pedagang online dan para pengguna internet, berhati-hatilah dengan modus penipuan ini. penipu pura2 pesan barang lewat online lalu memberikan bukti trabsfer struk e-cash dan memaksa korban untuk ke atm agar transferan tersebut bisa dicairkan dan memaksa korban untuk melakukan topup. jika korban topup maka kemungkinan uang korban akan pindah ke dompet si penipu. tips mencegah penipuan jenis ini adalah:
1. kapanpun anda menerima bukti transfer lewat internet, perhatikanlah jenis font, ukuran huruf, dan titik fokus huruf dengan huruf2 lainnya. jika berbeda maka struk ini adalah palsu hasil editan.
2. perhatikan kelogisan tata cara penipu berbicara atau chat. jika pesanan dia tidak logis maka anda perlu berhati2, misalnya beli kompor lewat internet padahal dia tahu ongkirnya mahal tapi dia tetep mau beli. padahal 1 provinsi, ini tidak logis.
3. perhatikan tulisan2nya. jika dia terus memaksa kita ke atm, maka anda perlu curiga. ladeni percakapannya, tapi jangan mau di kendalikan dia.
4. lacak id dan nomor teleponnya, jika beruntung maka anda akan mendapatkan bahwa id dia adalah asli. bahkan jika beruntung kita bisa tau hal hal pribadi sipenipu. lacaklah dan temukan data2 baru tentang sipenipu.
5. penipu tidak pandang bulu, mungkin seorang yang berprofesi sebagai dokter atau pilotpun bisa saja jadi penipu, apalagi hanya seorang kapten, masinis, atau supir truck, apalagi tukang ojek. tetap hati-hatilah.
6. jika sipenipu memaksa anda bahwa dia sudah transfer, keluarkan kata2 ampuh ini. “baik mas besok saya akan ke bank, biarkan orang bank yang akan membuktikan trnsferan mas asli atau palsu” jika dia penipu maka dia pasti akan delete contact anda dan anda akan kehilangan semua bukti. oleh karena itu siapkan screenshoot percakapan sejak anda curiga ditipu.
7. share pengalaman anda kepada teman2, supaya bisa jadi pelajaran bersama. lebih bijaknya nomor2 pribadi atau angka2 yang ada di struk diedit dulu, dihilangkan beberapa angkanya supaya privasi korban dan penipu tidak terpublish.

semoga bermanfaat. jika anda anggap informasi ini bermanfaat, silahkan share dengan yang lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

*