Terhitung mulai 27 Desember 2018 sejumlah mahasiswa dan mahasisiwi Institut Teknologi Sumatera (Itera) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kampung Jatisari Lampung Selatan dengan tema “Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat”.

Peserta KKN tersebut terdiri dari 5 orang laki-laki dan 4 orang perempuan dengan sebaran Program Studi: Geomatika, Geofisika, Fisika, Elektro, Arsitektur, dan Perencanaan Tata kota.

Kesembilan mahasiswa tersebut tinggal di salah satu rumah warga RT.46 Jatisari. Menginap di rumah warga adalah sebuah keharusan bagi peserta KKN, walaupun memungkinkan untuk pulang tetapi peserta harus menginap di rumah warga, kecuali jika ada kepentingan darurat.

Selama 30 hari ke depan peserta KKN ini akan terjun ke tengah-tengah masyarakat kampung Jatisari untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada dan sekaligus mencarikan solusinya sesuai dengan keilmuan masing-masing. Masyarakat mendapatkan manfaat, peserta KKN mendapatkan penerapan ilmu nyata dari teori yang selama ini hanya didapat di bamgku perkuliahan.

Malam ini, Jumat malam 28 Deaember 2018, peserta KKN dipertemukan dengan pamong Kampung Jatisari beserta Pemuda-pemudi Karang Taruna Jatisari. Dalam kesempatan tersebut semua pihak saling memperkenalkan diri supaya tercipta keakraban dan sebagai adab sebuah perkenalan.

Dalam pertemuan tersebut peserta KKN menyampaikan visi misinya, dan pamongpun menyampaikan visi misinya juga. Program kerja yang akan segera berjalan adalah penggalangan dana dari masyarakat Jatisari untuk korban Tsunami di Kalianda Lampung Selatan. Program tersebut merupakan himbauan dari Kepala Desa Jatimulyo sekaligus sebagai bentuk empati sesama warga Lampung Selatan.

Teknis program kerja tersebut adalah para pemuda pemudi karang taruna Jatisari bersama mahasiswa mahasiswi KKN terjun ke rumah-rumah untuk mengumpulkan donasi berupa uang, beras. Pakaian layak pakai, makanan pokok, obat-obatan, dll. Saat sudah terkumpul, maka akan di serahkan ke Desa atau akan langsung diantarkan ke kalianda, tergantung situasi dan kondisi nantinya.

Beberapa Program kerja yang yang lainnya yaitu penyuluhan mitigasi bencana, penyuluhan tentang arsitektur, tata kota, geofisika, geomatika, tentang proses penanganan sampah, keelektroan, survey kependudukan, dll. Pada prinsipnya progja yang disampaikan masih berupa draft dan nantinya akan dispesifikasikan lagi setelah dilakukan survey di tengah-tengah Masyarakat.

Bapak Kadus Jatisari Nurrohman berharap dengan adanya KKN bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jatisari, setidaknya perubahan pola pikir menjadi lebih baik, sehingga lambat laun akan menjadikan Kampung Jatisari menjadi lebih baik.

Muhammad Fikri dari Prodi Geomatika menyampaikan bahwa untuk ke depannya semoga kami bisa bekerjasama dengan baik dan saling membantu satu sama lain.

Kami mewakili tim redaksi jatisariku.com mengucapkan selamat datang di kampung Jatisari, semoga pertemuan kita ini akan diberkahi Allah SWT. Aamiin. Selamat KKN, dan jangan segan-segan menjalin komunikasi dengan kami jika menemui kendala selama di Jatisari.

Salam Satu Kampung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here