1. Pakaian
    Siapkan pakaian bagi pasien dan penjaga pasien. Setidaknya untuk pemakaian 3 hari. Baju, celana, dan pakaian dalam. Khusus untuk pasien baiknya siapkan kemeja berkancing depan, supaya mudah saat penggantian selang infus.
  2. Sarung dan Selimut
    Sarung sangat bermanfaat bagi pasien maupun penjaga karena sarung sangat universal pemakaiannya. Selimut digunakan untuk menghangatkan badan saat tidur.
  3. Karpet
    Digunakan untuk penjaga ataupun pembesuk. Jika sudah ada karpet, kita bisa gunakan lorong-lorong Rumah sakit untuk beristirahat ataupun di sekitaran bawah ranjang pasien.
  4. Alat sholat
    Wahai orang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. (QS:2:153). Sejatinya, yang menyembuhkan kita bukanlah dokter tapi Allah. Jadi dengan sakit harusnya semakin mendekat ke Allah, semakin rajin ibadah bukan sebaliknya.
  5. Air mineral
    Yang paling simpel adalah ukuran gelasan, ini bisa disajikan jika ada pembesuk atau untuk konsumsi pasien atau penjaga.
  6. Alat makan
    Setidaknya ada sendok dan piring, terkadang bisa digunakan untuk saat makan nasi, menyajikan aneka kue atau gorengan, lebih baik lagi siapkan pisau, biasanya pisau digunakan untuk memotong kue atau mengupas buah.
  7. Pipet
    Pasien yang tidak bisa duduk sangat membutuhlan sedotan untuk aktifitas minum. Belilah 1 pack karena pemakaian sedotan biasanya hanya beberapa kali dan harus diganti supaya lebih steril.
  8. Makanan ringan atau teh kopi
    Belilah Roti atau aneka snack, menjaga pasien adalah sesuatu yang sangat menjenuhkan, dengan adanya snack akan sedikit mengobati kejenuhan. Siapkan termos lenglap dengan gula kopi dan tehnya.
  9. Obat Pribadi
    Jika si pasien atau penjaga ada obat-obatan pribadi misalnya salep khusus, minyak angin, telon, kayu putih, koyo atau balsem, baiknya dibawa, sehingga kebutuhan obat pribadi tidak perlu membeli, ini adalah langkah sederhana penghematan.
  10. Bantal, Guling
    Jangan mengandalkan fasilitas bantal dari Rumah Sakit, bawalah sendiri dari rumah, setidaknya untuk kebutuhan pasien dan seorang penjaga. Bawa juga sarung bantal cadangan jika proses pengobatan berlangsung lama.
  11. Kotak sampah
    Sebenarnya penting tak penting, karena kotak sampah bisa diperankan oleh plastik, tapi apa salahnya jika memang di rumah ada dan tak terpakai. Kotak sampah akan membuat ruangan lebih bersih dan akan menjadikan lebih sehat.
  12. Alat cuci piring
    Dalam keadaan darurat, alat MCK mungkin diperlukan, opsional saja, tapi setidaknya kami berupaya mengingatkan. Karena piring kotor baiknya langsung dicuci agar setelahnya bisa siap digunakan kembali.
  13. Alat mandi
    Sabun mandi, silat gigi, odol, handuk, dan shampo setidaknya harus kita siapkan supaya kita bisa mandi dengan normal, sehingga kesehatan tubuh kita terjaga.
  14. Sepeda Motor atau alat Transportasi
    Sebaiknya penjaga pasien menyiapkan kendaraan untuk transportasi, karena mengurusi pasien di rumah sakit itu sangat diperlukan mobilitas yang cepat. Beli makanan minuman, urus administrasi ke dinas-dinas terkait, ambil darah, dll.
  15. Hp dan casan
    Zaman sekarang, jangan tinggalkan sepasang alat ini, komunikasi harus handal untuk mempercepat segala urusan antara pasien dan sanak keluarga pasien. Karena menyangkut nyawa, maka segala keputusan penting baiknya dimusyawarahkan dulu dengan keluarga walaupun hanya lewat HP.
  16. Kartu Identitas
    Siapkan selalu KK, KTP dan kartu-kartu yang menyangkut Kesehatan pasien. BPJS, KIS, kartu berobat, Jamkesda, kartu ATM, atau lainnya supaya saat sudah di rumah sakit kita tidak bolak balik ke rumah dengan dalih ambil kartu ini itu.
  17. Rekam Medis
    Jika sebelumnya pasien sudah pernah berobat, atau pernah rontgen, tes lab, USG, CT scan, atau ada obat yang sedang diminum, baiknya semua dibawa agar dokter bisa mengetahui rekam medis pasien, sehingga tindakan yang dilakukan bisa lebih komprehensif, lebih tepat sasaran.
  18. Uang tunai
    Ini sangat penting, karena jika ada perlengkapan yang lupa, kita bisa membelinya di sekitaran rumah sakit, sehingga kebutuhan bisa dilengkapi sesegera mungkin.

19.Autan
Hal sepele tapi jika tidak disiapkan maka bisa fatal, karena tidur tidak nyenyak digigit nyamuk bisa berakibat kita tidak fokus sepanjang hari.

20. Penjaga pengganti
Nah, ini sangat penting. Baiknya ada penjaga tambahan yang bisa diajak gantian, supaya tidak jenuh, terutama bisa gantian MCK, gantian Ishoma, dan gantian lainnya. Karena visit dokter itu sangat penting untuk penyampaian infomasi kondisi pasien, dan visit dokter itu jadwalnya selalu acak.

21. Tisu
Tisu sangat manfaat untuk apapun, siapkanlah, ini juga demi sterilnya anggota tubuh kita.

22. Alat kesehatan pribadi pasien
Jika di rumah ada alat termometer, alat tensi, atau alat-alat keseharian lainnya, baiknya dibawa, karena dengan adanya alat itu kita bisa lebih intensif memantau sendiri kondisi pasien, dan bisa segera melapor perawat jika ada kondisi yang mencurigakan.

23. Kertas pena
Digunakan untuk mencatat apapun terkait proses penyembuhan pasien. Resep, pantangan-pantangan, anjuran, memo, dll.

24. List pendonor darah pasien
Ada kalanya pasien membutuhkan darah, baiknya ambilkan dari keluarga kandung pasien agar lebih barokah. Oleh karena itu buatlah list golongan darah anggota keluarga besar kita. Jika ada yang membutuhkan darah, maka akan cepat tertangani.

25. Mental
Ini sangat penting, karena di rumah sakit kita akan berhadapan dengan dokter, perawat, administrasi ruwet, obat-obatan, dll. Oleh karena itu siapkan mental baja yang tak lemah karena cacian, tak besar kepala karena pujian. Stay calm dan fokus untuk pengobatan pasien. Siapkan jiwa yang tenang. Dan selalu terhubung dengan Allah, karena Allah berkuasa atas segala sesuatu.

Demikian info dari kami, jika ada ide tambahan silahkan tulis di kolom komentar.

-Salam Satu Kampung-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here