4 Tips Menidurkan Bayi

0
1811

P1060110Sebelumnya kami telah menulis 10 Tips menenangkan bayi, tips tersebut secara khusus dapat dipraktekkan pada bayi yang berumur 0-3 Bulan, pada kesempatan ini kami akan memberikan tips menidurkan bayi yang berumur 3-6 bulan. tips ini disusun berdasarkan pengalaman pribadi penulis, setiap bayi memiliki keunikan sendiri-sendiri, anda bisa mengembangkannya menurut versi bayi anda masing-masing.

sebelum kita masuk ke pembahasan cara menidurkan bayi sebaiknya pastikan dahulu bayi kita dalam kondisi sehat dan memang sudah memasuki waktu tidurnya. Sehat dalam hal ini berarti bayi dalam kondisi kenyang, tidak pipis, tidak haus, tidak sakit, dan tidak kecetit. Yang dimaksud waktu tidur bayi adalah waktu dimana biasanya bayi tidur yaitu : Setelah mandi pagi dan sore, setelah makan siang, dan setelah makan malam hingga shubuh. Selain itu suasana ruangan juga harus mendukung untuk menidurkan bayi yaitu ruangan sejuk, lampu penerangan temaram, dan tenang tanpa ada kebisingan dari suara orang atau suara-suara lainnya. berikut adalah tips menidurkan bayi.

1. Di gendong
Ada banyak variasi cara menggendong bayi, apalagi bayi yang berumur di atas 3 bulan biasanya sudah bisa tengkurap sehingga variasi "gendong tengkurap" bisa diaplikasikan. variasi menggendong bayi yaitu:
a. Gendong telentang Depan
Cara menggendong seperti ini biasanya diaplikasikan pada bayi yang belum bisa tengkurap, bayi hanya bisa telentang sehingga cara gendong telentang depan bisa membuat bayi nyaman. Bernyanyilah dengan lembut untuk menciptakan suasana nyaman. Untuk menambah efek nyaman gerakkanlah lutut anda naik turun seperti gerakan “per” sehingga bayi akan merasakan efek ayunan.
b. Gendong Duduk Depan
Bayi yang sudah bisa tengkurap biasanya tidak mau digendong telentang depan, cobalah variasi dengan menggendong bayi diposisikan duduk dan bayi menghadap ke depan. Dengan posisi seperti ini pandangan bayi bisa leluasa melihat apa yang ada didepannya. Dekatkan bayi ke sesuatu yang bisa diraih supaya bayi tidak bosan dan bisa tenang, ajaklah bayi berbicara dan ajak untuk melihat sesuatu, seperti: “tuh liat tuh kupu, cantik ya” etc. setelah bayi tenang maka lama kelamaan akan mengantuk, saat bayi mulai menguap maka bayi akan menyandarkan kepalanya ke dada kita. Tambahkan nyanyian atau desisisan “ssssssssss” untuk memanjakan pendengaran bayi hingga dia terlelap. Efek Ayunan juga harus diaplikasikan untuk menambah kenyamanan.
c. Gendong berdiri
tegakkan bayi pada posisi berdidiri dan menghadap ke belakang, dada bayi bertemu dada kita, kepala bayi arahkan ke leher kita, tambahkan elusan manja di punggung bayi, nyanyian dan efek per senantiasa dilakukan saat kita menggendong karena 2 hal ini sangat penting dilakukan untuk membuat bayi kita tenang. Ajaklah ke luar ruangan agar bayi dapat menikmati hawa udara yang sejuk dan segar, tambahkan kipasan pelan jika udara luar masih belum terasa sejuk.
d. Gendong Kain
Ketiga variasi gendongan di atas bisa lebih nyaman jika ditambahkan dengan menggunakan kain gendongan, dengan menggunakan kain posisi berat beban bayi akan terbagi rata pada kain sehingga bayi akan lebih rileks dan kitapun akan semakin rileks, tetapi pada kondisi panas gendong kain malah akan membuat bayi gerah dan tidak nyaman. Berhati-hatilah saat menggendong menggunakan bayi, pastikan sistem pernafasan bayi lancar, jika tidak bisa berakibat fatal, sudah banyak kejadian bayi gagal bernafas dan Naudzubillah, bisa berujung pada kematian gara-gara digendong dengan kain. Sikap hati-hati ini juga berlaku saat kita menggendong bayi sambil mengendarai sepeda motor. sistem pernafasan bayi harus benar-benar diperhatikan.

2. Bermain ke rumah tetangga
Bayi juga memiliki sifat bosan jika terus menerus berada di dalam rumah selama berhari-hari, ajaklah bayi ke rumah tetangga supaya mendapatkan pemandangan yang bervariasi. Dengan bermain seperti ini juga akan mempererat silaturahmi antar tetangga, bayi juga kadang ingin digendong oleh orang lain.
Ada beberapa orang yang memiliki teknik gendong yang mumpuni sehingga bayi se-panik apapun bisa dia tenangkan, kami menyebutnya raja gendong. Masing-masing lingkungan memiliki raja gendong dengan teknik bermacam-macam, dengan silaturahmi seperti ini juga kita bisa menambah informasi dari para tetangga tentang bagaimana cara menggendong yang baik.
Ambil sisi positif dari silaturahmi dan jangan jadikan silaturahmi sebagai ajang untuk bergosip. Dalam bersilaturahmi juga anda harus siap mendengarkan omongan orang yang kadang kurang nyaman di telinga kita, kadang ada yang memuji bayi kita, ada juga yang berkata kurang sedap tentang bayi kita. Jika anda mengajak bayi ke rumah tetangga berarti anda harus siap mental dengan semua yang akan anda dengar. Sebelum keluar rumah kita harus tanamkan prinsip bahwa kita harus bangga dengan bayi kita, terserah orang mau bilang apa. Setiap bayi punya keunikan sendiri-sendiri, Speech Delay, Walking Delay, Cedal, dll. Albert Einstein umur 5 tahun belum bisa bicara dan saat besar dia menjadi fisikawan yang namanya harum sampai sekarang. Banggalah dengan anak anda.

3. Beri Asi
Jika 2 point di atas masih belum juga membuat bayi nyaman, baringkanlah di kamar, berilah asi hingga dia merasa nyaman dan tidur, berikanlah sentuhan lembut di tubuhnya, variasikan posisi miring kanan atau kiri sesuai kesukaan bayi, berhati-hatilah dalam menyusui, jangan sampai sang ibu ketiduran dan mengganggu sistem pernafasan bayi, Pastikan posisi aman bagi bayi terutama saaat kondisi ibu sangat mengantuk, jika sistem pernafasan bayi terganggu karena tertekan tubuh ibu yang tidur maka bayi bisa gagal bernafas dan Naudzubillah, bisa berujung pada kematian. Aplikasi ini juga bisa diterapkan pada bayi yang mengkonsumsi Sufor. Jika bayi sudah mau menyusu biasanya dia akan lebih mudah ditidurkan, tambahkan kipasan agar badan bayi sejuk. Ada beberapa bayi yang setelah menyusu biasanya tengkurap, turuti keinginannya berikan elusan lembut di punggung dan bokongnya atau bagian tubuh lainnya, beri nyanyian, gunakan penerangan temaram, dan ciptakan kesejukan ruangan InsyaAllah bayi akan segera tidur. Saat posisi seperti ini jangan ada seseorang yang ngobrol, sehingga akan membuyarkan konsentrasi ibu dan si bayi yang sedang berusaha untuk tidur.

4. Kecetit
Mungkin istilah ini lucu, mungkin bayi bule tidak pernah ada yang kecetit. Saya selaku orang kampung ternyata anak saya juga kampungan dan pernah kecetit juga. Indikasi bayi kecetit adalah selalu menanis dengan frekuensi lebih sering dari biasanya, badannya atau lehernya panas, merasa tidak nyaman, susah ditidurkan, nafsu makan berkurang. Bawalah ke dukun urut, kalau anda berdomisili di Jatisari saya saran ke dukun pijat anak yang ada, kalau anak-anak Jatisari biasanya membawanya ke mbah paijem.
Medis tidak menganjurkan untuk di urut/pijat, jika memang anda termasuk anti dukun pijat maka silahkan berkonsultasi dengan dokter anak anda untuk mengatasi keluhan-keluhan diatas. Setiap bayi memiliki keunikan tersendiri, kita dituntut untuk terus belajar. Sebenarnya bayi kita adalah guru kita, bayi kita selalu menuntut kita untuk selalu lebih cerdas. Selalu banggalah dengan bayi kita, bayi kita adalah asset kita dunia – Akhirat. Jadikanlah dia anak yang sholeh sebagai tabungan kita diakhirat walaupun kita sudah meninggal.

BAGIKAN
Artikulli paraprakJatisari Mencoblos
Artikulli tjetërMari kita Bercermin
ahmadjatisari@gmail.com'
Anak kampung yang selalu kampungan, walaupun kampung tetap harus berkarya menghasilkan sesuatu yang berguna dan dapat di manfaatkan bagi yang membutuhkan . Terus berkarya Jatisariku !